rasionalika.darussunnah.sch.id – Umat Islam seluruh dunia sebentar lagi akan merayakan hari raya Idul Adha di tahun 1442 H ini. Berbagai persiapan menyabut hari raya yang identik dengan pemotongan hewan kurban ini sudah mulai terlihat di berbagai wilayah di Indonesia, salah satunya adalah dengan banyaknya penjual hewan kurban di pinggir-pinggir jalan.
Dan pelaksanaan pemotongan hewan kurban sendiri bisa dilaksanakan pada hari raya Idul Adha (10 Dzulhijjah) dan hari tasyrik (11-13 Dzulhijjah). Adapun tempat pelaksanaan penyembelihan hewan kurban itu telah dicontohkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Al Bukhari dalam kitab Shahih Al Bukhari, yang diterima dari sahabat Ibnu Umar R.A :
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ كَثِيرِ بْنِ فَرْقَدٍ عَنْ نَافِعٍ أَنَّ ابْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَخْبَرَهُ قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَذْبَحُ وَيَنْحَرُ بِالْمُصَلَّى  (رواه البخاري)
البخاري : أبو عبد الله محمد بن إسماعيل بن إبراهيم بن المغيرة بن بَردِزبَة الجعفي البخاري
Artinya :
Dari Ibnu Umar (w. 73 H) radhiallahu’anhuma telah mengabarkan kepadanya, dia berkata, “Rasulullah ﷺ biasa menyembelih binatang kurban di tempat yang di gunakan untuk shalat (ied).”
H.R Al Bukhari: (194 H – 256 H : 62 Tahun)
Istifadah :
Dalam Hadis ini jelas sekali disebutkan bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam menyebelih hewan kurban ditempat beliau melaksanakan shalat Id. Dan sebagaimana kita ketahui, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam biasa melakukan shalat Id di lapangan (kecuali saat hujan), maka tidak heran bila beliau menyembelih hewan kurban di tempat beliau shalat, karena lapangan tersebut memang telah disiapkan juga sebagai tempat penyembelihan hewan kurban.
Maka disunnahkan juga bagi umat Islam yang shalat sunnah Idul Adha nya dilapangan untuk menyembelih hewan kurban dilapangan tempat masyarakat shalat, itu pun jika memungkinkan dan telat memenuhi standar untuk dijadikan tempat penyembelihan.
Adapun bagi Umat Islam yang shalat sunnah Idul Adha nya di Mesjid, tentu tidak boleh menyembelih hewan kurban di mesjid dengan memahami hadis diatas secara tekstual saja. Maka bagi umat Islam yang shalat sunnah Idul Adha nya di Mesjid, maka tempat penyembelihan hewan kurban nya adalah dilapangan atau tanah Luas yang memadai untuk dilaksanakan penyembelihan yang paling dekat dengan Mesjid tempat shalat Id.
Dan dalam pemilihan tempat nya tidak terlalu banyak syarat atau ketentuan dalam Islam, selama tempat itu luas, bersih dan dekat dengan masyarakat, agar mudah dalam pendistribusian daging kurbannya, maka tempat itu boleh digunakan sebagai tempat penyembelihan hewan kurban.
Wallahu a’lam
Oleh M. Iqbal Akmaludin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here