rasionalika.darussunnah.sch.id – Semarak hari besar Islam hari raya kurban akan sampai pada puncaknya di tanggal 20 Juli. Umat muslim serentak menggelar tanah lapang untuk dijadikan lokasi peribadatan, tidak lupa menyesuaikan sikon Covid-19 pada domisilinya.
Banyak lembaga yang bersedia menerima penyaluran hewan kurban untuk memudahkan muslim lain yang belum bisa mengurusnya sendiri, lantas apakah alasan yang membenarkan jasa titip penyembelihan hewan kurban ini?. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh ibunda Aisyah ra. pada kitab Shahih Al-Bukhari.
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْقَاسِمِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ دَخَلَ عَلَيَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِسَرِفَ وَأَنَا أَبْكِي فَقَالَ مَا لَكِ أَنَفِسْتِ قُلْتُ نَعَمْ قَالَ هَذَا أَمْرٌ كَتَبَهُ اللَّهُ عَلَى بَنَاتِ آدَمَ اقْضِي مَا يَقْضِي الْحَاجُّ غَيْرَ أَنْ لَا تَطُوفِي بِالْبَيْتِ وَضَحَّى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ نِسَائِهِ بِالْبَقَرِ
– البخاري : أبو عبد الله ” محمد بن إسماعيل بن إبراهيم بن المغيرة بن بَردِزبَة الجعفي البخاري.
Artinya:
Dari Aisyah ra. (w. 58 H) dia berkata; Rasulullah saw menemuiku ketika berada di Sarif, sementara aku sedang menangis, lalu beliau bertanya, “Kenapa denganmu? Apakah kamu haid?” Jawabku, “Ya” beliau bersabda, “Ini adalah suatu perkara yang telah ditetapkan Allah atas para wanita anak Adam, lakukanlah sebagaimana yang dilakukan oleh orang-orang yang berhaji, namun kamu jangan melakukan tawaf di Ka’bah.” Setelah itu Rasulullah saw berkurban untuk para istrinya dengan seekor sapi.”
Imam Al-Bukhari (194 H – 256 H, 62 tahun)
Istifadah:
Dengan gamblang hadis di atas memberikan sebuah isyarat kebolehan meminta bantuan dari lembaga kurban untuk menyembelih serta membagi hewan kurban.
Dalam Islam kegiatan kurban ini memiliki tata cara yang tabu, perlu berhati-hati dalam proses perawatan, penyembelihan serta pembagiaanya.
Maka di antara manfaat mengamanahkan sebuah lembaga terpercaya ialah untuk mempermudah kita dalam menunaikan ibadah kurban. Perlu juga sekiranya orang yang berkurban untuk memilah dengan baik lembaga yang terpercaya agar hewan kurban tak diselewengkan.
Wallahu A’lam
Oleh Mifta Dwi Kardo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here