rasionalika.darussunnah.sch.id – Salat jumat adalah sebuah ritual ibadah mingguan yang wajib kepada setiap Muslim laki-laki yang balig, berakal, dan juga bermukim (tidak sedang dalam perjalanan).

Dalam praktiknya, karena ibadah salat jumat adalah ritual mingguan, semua muslim laki-laki hendaknya paham betul apa yang menjadi syarat sah, syarat wajib, dan rukun-rukun salat jumat. Hanya saja masih banyak yang tidak menyempurnakan salat jumat dengan sunah-sunahnya. Salah satu sunah jumat yang sering terlupakan oleh jamaah jumat adalah salat sunah 4 rakaat setelah salat jumat.

Padahal sunah ini merupakan salah satu anjuran Nabi Muhammad saw. sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitab shahihnya:

و حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى أَخْبَرَنَا خَالِدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ سُهَيْلٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ الْجُمُعَةَ فَلْيُصَلِّ بَعْدَهَا أَرْبَعًا (رواه مسلم)
مسلم :أبو الحسين مسلم بن الحجاج بن مسلم القشيري النيسابوري.

Dari Abu Hurairah ra. (w. 57 H) ia berkata; Rasulullah saw bersabda, “Jika salah seorang dari kalian telah menunaikan salat jumat, maka hendaklah ia salat empat rakaat setelahnya.”
HR. Muslim (204 H – 261 H : 57 tahun).

Sunah salat 4 rakaat ini memang bukan sebuah kewajiban, tapi ia menyempurnakan rangkaian ibadah salat jumat. Dan para ulama sepakat bahwa salat sunah ba’diyah 4 rakaat ini termasuk salat sunah rawatib.

Namun banyak kaum muslimin yang melupakannya, apalagi bagi sebagian jamaah sering terburu-buru untuk keluar masjid, baik karena terburu-buru pulang ke rumah untuk makan siang atau kembali ke pekerjaannya masing-masing.

Semoga kita diberikan hidayah oleh Allah swt. untuk senantiasa menyempurnakan kewajiban kita dengan melaksanakan sunah-sunah jumat, khususnya salat sunah ba’diyah 4 rakaat ini.

Wallahu A’lam

Oleh Muhammad Iqbal Akmaluddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here