rasionalika.darussunnah.sch.id – Ikhlas itu, layaknya Al-Ikhlas, dinisbatkan sebagai nama surahnya. Namum dalam keempat ayatnya tidak ada kata ikhlas ataupun kata turunannya. وجوده كعدمه (Antara ada dan tiada). Berbicara tentang surah Al-Ikhlas, dibalik kepopulerannya di setiap kalangan, baik balita, remaja, maupun lansia ternyata surat ini memiliki banyak sekali keutamaan, diantaranya; Al-Ikhlas merupakan sepertiga dari Al-Quran. Benarkah demikian?

Mari kita simak hadis tentang keutamaan Al-Ikhlas, yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari

حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ حَفْصٍ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ وَالضَّحَّاكُ الْمَشْرِقِيُّ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِأَصْحَابِهِ أَيَعْجِزُ أَحَدُكُمْ أَنْ يَقْرَأَ ثُلُثَ الْقُرْآنِ فِي لَيْلَةٍ فَشَقَّ ذَلِكَ عَلَيْهِمْ وَقَالُوا أَيُّنَا يُطِيقُ ذَلِكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ فَقَالَ اللَّهُ الْوَاحِدُ الصَّمَدُ ثُلُثُ الْقُرْآنِ .
-بخاري : أبو عبدالله محمد بن إسماعيل بن إبراهيم بن مغيرة بن بردزبة الجعفي البخاري

Artinya:
Dari Abu Said Al-Khudri ra. (w. 74 H) ia berkata; Nabi saw. bersabda kepada para sahabatnya, “Apakah salah seorang dari kalian tidak mampu bila ia membaca sepertiga dari Al-Quran pada setiap malamnya?” dan ternyata para sahabat merasa kesulitan seraya berkata, “Siapakah di antara kami yang mampu melakukan hal itu wahai Rasulullah?” maka beliau pun bersabda, “ALLAHUL WAAHID ASH SHAMAD (maksudnya surah Al-Ikhlash) nilainya adalah sepertiga Al-Quran.”
HR. Al-Bukhari (194 H – 256 H : 62).

Istifadah:
Surah Al-Ikhlas termasuk golongan surah makkiyah terdapat di juz akhir dalam Al-Quran, surah ke-112 dari 114 surah dalam Al-Quran. Esensi dari surah ini, atau asal muasal turunnya surah ini ialah sebagai penegas keesaan Allah, yang mana dalam keempat ayatnya mengandung makna tauhid yang amat dalam. Di mana, pada saat itu orang-orang bertanya tentang esensi Tuhan yang di sembah oleh nabi Muhammad Saw.

Sebagaimana yang kita ketahui, Al-Quran merupakan mukjizat dari Allah yang dianugerahkan kepada baginda Rasulullah saw. Al-Quran sebagai mukjizat tak heran jika setiap ayatnya memiliki keistimewaan, kedahsyatan, keutamaan dan mistik tersendiri.

Al-Ikhlas misalnya, surat ini termasuk surat yang disukai oleh seluruh kalangan, yang tak banyak dari mereka belum mengetahui banyaknya keutaman surat ini, salah satunya seperti yang tercantum dalam hadis di atas. Yakni Al-Ikhlas diperumpamakan dengan sepertiga Al-Quran.

Bahkan di dalam kitab Riyadh al-Shalihin pada bab pembahasan surah-surah dan ayat-ayat khusus (باب الحث على سور وآيات مخصوصة) disebutkan pula, bahwa kecintaan kita kepada Al-Ikhlas  mampu untuk mengistikamahkan dalam pelafalannya mampu memasukkan kita ke dalam surganya Allah SWT.

Wallahu A’lam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here