rasionalika.darussunnah.sch.id – Sebagai hamba Allah, kita meyakini segala kenikmatan dan kekayaan yang kita peroleh sekarang berasal dari Allah swt. Ini merupakan salah satu wujud dari rasa syukur kepada Allah swt., yaitu meyakini bahwa segala nikmat hanya datang dari-Nya. Di samping itu, dalam rangka mensyukuri nikmat Allah, kita juga diajak untuk mentransaksikan pemberian tersebut di jalan Allah. Atau dengan tidak menyia-nyiakan pemberian-Nya.

Berkaitan hal ini, Rasulullah saw. bersabda :
حَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ ، حَدَّثَنَا جَرِيرٌ ، عَنْ سُهَيْلٍ ، عَنْ أَبِيهِ ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” إِنَّ اللَّهَ يَرْضَى لَكُمْ ثَلَاثًا، وَيَكْرَهُ لَكُمْ ثَلَاثًا ؛ فَيَرْضَى لَكُمْ أَنْ تَعْبُدُوهُ، وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا، وَأَنْ تَعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا، وَلَا تَفَرَّقُوا، وَيَكْرَهُ لَكُمْ قِيلَ وَقَالَ ، وَكَثْرَةَ السُّؤَالِ، وَإِضَاعَةَ الْمَالِ “.

Artinya
Dari Abu Hurairah dia berkata, “Rasulullah ﷺ bersabda, ‘Sesungguhnya Allah menyukai bagimu tiga perkara dan membenci tiga perkara; Dia menyukai kalian supaya beribadah kepada-Nya dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, kalian berpegang teguh dengan agama-Nya dan tidak berpecah belah. Dan Allah membenci kalian dari mengatakan sesuatu yang tidak jelas sumbernya, banyak bertanya dan menyia-nyiakan harta.”

Dalam hadis di atas, setidaknya ada tiga hal yang menyebabkan Allah rida dan murka. Tiga hal yang membuat Allah rida adalah ketika hambanya senantiasa beribadah kepada-Nya, tidak mempersekutukan-Nya, dan senantiasa berpegang teguh dengan agama-Nya dan tidak berpecah belah

Di sisi lain, ada tiga hal pula yang menyebabkan Allah murka, yaitu mengatakan sesuatu yang tidak jelas sumbernya, banyak bertanya, dan menyia-nyiakan harta.

Maka di sini, sangat jelas bahwa Allah tidak menyukai hambanya yang menyia-nyiakan hartanya. Oleh karena itu, sebaiknya kita menggunakan pemberian Allah tersebut sesuai dengan apa yang beliau inginkan. Hal ini sesuai dengan firman Allah swt.:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَنْفِقُوا مِمَّا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ يَوْمٌ لَا بَيْعٌ فِيهِ وَلَا خُلَّةٌ وَلَا شَفَاعَةٌ ۗ وَالْكَافِرُونَ هُمُ الظَّالِمُونَ۝

Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi syafaat. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang zalim.

Wallahu a’lam

Oleh Abdul Kamil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here