rasionalika.darussunnah.sch.id – Bersyukur kepada Allah atas segala nikmat-Nya adalah sebuah keagungan. Dengan bersyukur, hidup ini terasa lega dan tidak sesak.

Salah satu hal yang perlu disyukuri adalah segala nikmat Allah yang ada pada fisik manusia, bahkan uban sekalipun.

Lantas, bagaimanakah aturan Islam mengenai uban ini? Berikut salah satu tuntunan dari Baginda Rasulullah ﷺ mengenai uban, yaitu dalam konteks mewarnai uban, sebagaimana yang diriwayatkan Jabir bin Abdillah:

وحَدَّثَنِى أَبُو الطَّاهِرِ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ عَنْ أَبِى الزُّبَيْرِ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ أُتِىَ بِأَبِى قُحَافَةَ يَوْمَ فَتْحِ مَكَّةَ وَرَأْسُهُ وَلِحْيَتُهُ كَالثَّغَامَةِ بَيَاضًا فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم غَيِّرُوا هَذَا بِشَىْءٍ وَاجْتَنِبُوا السَّوَادَ. (رواه مسلم)
– . مسلم :أبو الحسين مسلم بن الحجاج بن مسلم القشيري النيسابوري.

Artinya :
Dari Jabir bin ‘Abdillah (w. 70 H) ia berkata: pada hari penaklukan Makkah, Abu Quhafah dibawa ke hadapan Rasulullah ﷺ, dengan rambut dan jenggotnya yang memutih seperti pohon Tsaghamah (pohon yang daun dan buahnya putih). Maka Rasulullah ﷺ bersabda: “Celuplah (rambut dan jenggot Anda) selain dengan warna hitam.”

HR. Muslim (204 H – 261 H : 57 tahun).

Imam An Nawawi dalam kitabnya Syarh Nawawi Ala Shahih Muslim menjelaskan beberapa ketentuan Islam dalam mengatur perihal uban sebagai berikut:

1. Menyemir uban adalah perkara yang diperbolehkan, sebagaimana yang dilakukan oleh Abu Hurairah.

2. Menyemir uban dilarang dalam beberapa hal, yaitu ketika kulit kepala orang yang beruban itu terdapat penyakit, seperti akantosis, dan bila dijumpai syuhroh yang muncul dari menyemir uban itu.

3. Menyemir uban pun harus memerhatikan kelayakan penampilan dan kebersihan dari rambut itu sendiri.

Artinya, bila tumbuhnya uban dirasa nikmat tuk dipandang, maka uban itu tak perlu disemir. Dan bila uban dirasa tak sedap tuk dipandang, maka menyemirnya lebih baik.

Wallahu A’lam

Oleh Dzaki Kusumaningsatriyo M

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here