rasionalika.darussunnah.sch.id – Pada bulan Syawal, Nabi saw. sangat menganjurkan umatnya untuk melakukan ibadah puasa enam hari di bulan Syawal, yang biasa dikenal dengan puasa Syawal. Hukumnya sunah, dan sangat dianjurkan untuk dilakukan, karena pahala yang akan didapatkan sangat luar biasa. Sebagaimana sabda Rasulullah saw. :
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ وَعَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ جَمِيعًا عَنْ إِسْمَعِيلَ قَالَ ابْنُ أَيُّوبَ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ جَعْفَرٍ أَخْبَرَنِي سَعْدُ بْنُ سَعِيدِ بْنِ قَيْسٍ عَنْ عُمَرَ بْنِ ثَابِتِ بْنِ الْحَارِثِ الْخَزْرَجِيِّ عَنْ أَبِي أَيُّوبَ الْأَنْصَارِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّهُ حَدَّثَهُ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ *مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ*.
(رواه مسلم) 
مسلم :أبو الحسين مسلم بن الحجاج بن مسلم القشيري النيسابوري.
Artinya:
Dari Abu Ayyub al-Anshari radhiallahu ‘anhu (w. 50 H), mengatakan bahwasanya Rasulullah ﷺ bersabda, “Siapa yang berpuasa Ramadan kemudian diiringi dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka yang demikian itu seolah-olah berpuasa sepanjang masa.
HR. Muslim (204 H – 261 H : 57 tahun)
Puasa Syawal dilakukan selama enam hari, bisa secara langsung (berturut-turut). Bisa juga dipisah atau tidak berpuasa enam hari langsung. Akan tetapi kebanyakan ulama mengatakan bahwa lebih utamanya jika dilakukan mutatabi’ah yaitu berurutan. Dikarenakan lebih segera dalam melakukan ibadah dan supaya tidak bertemu dengan berbagai halangan yang membuatnya sulit untuk berpuasa.
Intinya, seseorang boleh menjalankannya tidak berurutan asalkan selama enam hari dalam satu bulan Syawal. Bahkan, jika seseorang memiliki hutang puasa saat Ramadan, ia boleh menggabungkan niat puasa Syawal dengan puasa qadha.
Menurut Imam al-Syarqawi dalam kitab al-Tahrir bahwa orang yang menggabugkan Puasa Syawal dengan enam hari puasa tidak bisa mendapatkan pahala puasa syawal yang sempurna yang dijanjikan oleh Rasul, yaitu seperti puasa satu tahun.
Wallahu ‘alam
Oleh Sri Satyaningtyas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here