rasionalika.darussunnah.sch.id– Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat mulia. Setiap amalan yang kita lakukan akan dilipatgandakan oleh Allah swt. Oleh karena itu, hendaknya kita memperbanyak beribadah dan beramal di bulan Ramadan. Imam al-Nasai mengatakan dalam kitab sunannya pada bab “Bermurah Hati dan Dermawan di Bulan Ramadan”:

أَخْبَرَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ دَاوُدَ ، عَنِ ابْنِ وَهْبٍ ، قَالَ : أَخْبَرَنِي يُونُسُ ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ ، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُتْبَةَ ، أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَبَّاسٍ كَانَ يَقُولُ : كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ، وَكَانَ أَجْوَدَ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ، وَكَانَ جِبْرِيلُ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ، فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ. قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلَامُ أَجْوَدَ بِالْخَيْرِ مِنَ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ. 

النسائي : أبو عبد الرحمن أحمد بن شعيب بن علي بن سنان بن بحر بن دينار النسائي.

Artinya:

Dari Ubaidullah bin Abdullah bin Utbah (w. 94 H ) r.a. bahwasanya Abdullah bin Abbas pernah berkata, “Rasulullah saw. adalah manusia yang paling dermawan dan beliau akan tampak lebih dermawan pada bulan Ramadan; ketika Jibril menemuinya. Jibril menemuinya setiap malam pada bulan Ramadan dan mengajarkan Al-Qur’an.” Ibnu Abbas berkata, “Rasulullah saw. ketika ditemui Jibril –‘alaihissalam– lebih dermawan dalam hal kebaikan daripada angin yang berhembus.”

Al-Nasai (215 H – 303 H) 88 tahun.

Dari hadis di atas, ada dua hal yang mesti kita tiru dari Nabi Muhammad saw.

Pertama, ialah Nabi Muhammad saw. sangat dermawan di bulan Ramadan. Kita semua tahu bahwa Nabi Muhammad saw. adalah sosok yang sangat dermawan, namun di bulan Ramadan beliau meningkatkan lagi kedermawanan beliau.

Oleh karena itu, hendaknya kita termotivasi oleh Nabi Muhammad saw., hendaknya kita memperbanyak bersedekah di bulan yang mulia ini.

Kedua, ialah memperbanyak membaca Al-Qur’an di bulan Ramadan. Hal ini terlihat dari hadis di atas bahwa malaikat Jibril menemui Nabi Muhammad saw. setiap malam pada bulan Ramadan dan mengajarkannya Al-Qur’an.

Dalam riwayat lain dijelaskan:

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَتْ الْعَشْرُ أَحْيَا اللَّيْلَ وَشَدَّ الْمِئْزَرَ وَأَيْقَظَ أَهْلَهُ

Dari Aisyah ia berkata, “Jika telah masuk sepuluh akhir, Nabi saw. mengencangkan sarung dan membangunkan keluarganya.”

Oleh karena itu, di penghujung Ramadhan ini marilah kita memperbanyak ibadah, sedekah, membaca Al-Qur’an. Marilah kita hidupkan malam-malam terakhir Ramadan ini dengan membaca Al-Qur’an dan berzikir mengingat Allah swt.

Wallahu a’lam

Oleh Nadiya Lil Khairi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here