rasionalika.darussunnah.sch.id – Inilah salah satu bab “Safar: (berpergian) yang dijelaskan pada kitab Riyad al-Salihin bahwa disunahkan bagi kita yang sedang berpergian untuk pulang ke rumah pada siang hari, tidak pada malam hari kecuali ada hajat atau uzur lain. Yuk simak hadisnya.

حَدَّثَنَا آدَمُ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ حَدَّثَنَا مُحَارِبُ بْنُ دِثَارٍ قَالَ سَمِعْتُ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَكْرَهُ أَنْ يَأْتِيَ الرَّجُلُ أَهْلَهُ طُرُوقًا.

(راوه بخاري)

البخاري :  وهو أبو عبد الله محمد بن إسماعيل بن إبراهيم بن المغيرة بن بَردِزبَة الجعفي البخاري

Artinya :

Dari Jabir bin Abdullah radhiallahu ‘anhuma (w.78 H) berkata; Nabi ﷺ tidak suka bila seseorang mendatangi keluarganya secara tiba-tiba di malam hari.

HR. Al-Bukhari (194 H – 256 H : 62 tahun).

Termasuk dari salah satu adab bepergian adalah kita kembali ke rumah pada siang atau sore hari tidak pada malam hari, kecuali ada uzur atau halangan tertentu.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil apabila kita bisa menerapkan hadis ini. Salah satunya adalah agar kita terjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan, yang mana kita tahu bahwa pada malam hari jalanan sepi dan sedikit lalu lalang orang di jalanan, pada waktu seperti inilah banyak orang jahat yang memanfaatkan situasi seperti ini untuk melancarkan aksinya. Dan yang terpenting adalah tidak membuat keluarga di rumah khawatir. Bayangkan jika kita pulang ke rumah pada malam hari dan tidak memberitahu terlebih dahulu, pasti semua orang di rumah akan cemas.

Dan berikut hadis-hadis lain yang menjelaskan tentang adab safar ini.

– Rasulullah shallallahu alahi wasallam telah melarang seseorang untuk mengetuk (pintu rumah) keluarganya pada waktu malam hari. [HR. al-Bukhari dan Muslim]

– Rasulullah shallallahu alahi wasallam tidak pernah mengetuk pintu (rumah keluarganya), tidak pula masuk (ke rumah, setelah pulang dari bepergian)  kecuali pada pagi hari atau sore hari. [HR. al-Bukhari dan Muslim]

Wallahu A’lam

Oleh Sri Satyaningtyas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here