rasionalika.darussunnah.sch.id – Allah swt. telah mengaruniai makhluk-Nya waktu-waktu tertentu agar kualitas ibadah kepada-Nya selalu terjaga, maka dari itu Allah memberikan makhkuk-Nya tidur untuk mengistirahatkan jasad dan ruh dari segala kesibukan. Tidak selamanya tidur akan dalam keadaan aman, hendaknya kita sebagai manusia yang memiliki akal pikiran dianjurkan untuk meminta perlindungan kepada Allah swt. sewaktu tidur dari hal-hal yang tidak diinginkan. Di sini, Imam al-Bukhari meriwayatkan dalam kitab Shahihnya pada bab “Meminta Perlindungan dan Bacaan Sebelum Tidur” :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَوَى أَحَدُكُمْ إِلَى فِرَاشِهِ فَلْيَنْفُضْ فِرَاشَهُ بِدَاخِلَةِ إِزَارِهِ فَإِنَّهُ لَا يَدْرِي مَا خَلَفَهُ عَلَيْهِ ثُمَّ يَقُولُ بِاسْمِكَ رَبِّ وَضَعْتُ جَنْبِي وَبِكَ أَرْفَعُهُ إِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِي فَارْحَمْهَا وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِينَ متفق عليه. (رواه البخارى)

– البخارى : هو أبو عبد الله محمد بن إسماعيل بن المغيرة بن بردزبة الجعفي البخاري.

Artinya

Abu Hurairah r.a. berkata; Nabi ﷺ bersabda, “Apabila seseorang dari kalian hendak tidur, maka hendaklah ia mengibaskan di atas tempat tidurnya dengan kain sarungnya, karena ia tidak tahu apa yang terdapat di atas kasurnya. Lalu mengucapkan doa: Dengan nama-Mu Wahai Tuhanku, aku baringkan punggungku dan atas nama-Mu aku mengangkatnya, dan jika Engkau menahan diriku, maka rahmatilah daku, dan jika Engkau melepaskannya, maka jagalah sebagaimana Engkau menjaga hamba-Mu yang shalih.”

HR. al-Bukhari (194 H – 256 H) 62 Tahun.

Di dalam keseharian manusia, tidur adalah salah satu proses untuk beristirahat dan juga menjaga energi agar tetap sehat dan fit. Banyak permasalahan tubuh dan juga proses yang terjadi saat tidur. Untuk itu, proses tidur menjadi bagian dari mekanisme biologis dalam tubuh manusia. Tidak hanya dalam sudut pandang biologis, ternyata jauh sebelum ilmu biologi banyak muncul di dunia, Islam sudah membahas mengenai tidur. Hal ini sebagaimana di dalam Al-Qur’an.

وَمِنۡ اٰيٰتِهٖ مَنَامُكُمۡ بِالَّيۡلِ وَالنَّهَارِ وَابۡتِغَآؤُكُمۡ مِّنۡ فَضۡلِهٖ‌ؕ اِنَّ فِىۡ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوۡمٍ يَّسۡمَعُوۡنَ

(QS. Al-Rum : 23)

Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah tidurmu pada waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.

Kita sebagai manusia yang setiap harinya disibukkan dengan berbagai hal, alangkah baiknya untuk tidak memforsir tenaga dalam beraktivitas. Maka, dengan adanya tidur, manusia bisa mengistirahatkan tubuhnya agar menjaga kualitas kesehatan serta ibadah kepada Allah swt.

Dalam hadis ini, Rasulullah saw. mengajarkan kita beberapa hal sebelum tidur yang alangkah baiknya kita lakukan. Dengan tujuan agar tidur kita terjaga dari hal-hal yang tidak kita inginkan dan tidur kita pun berkualitas.

Meskipun tidur merupakan hal yang sepele, namun alangkah baiknya kita meniru apa yang sudah Rasulullah saw. ajarkan kepada umatnya.

Wallahu a’lam

Oleh Ghina Farhanah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here